Jumat, 11 Desember 2015

Ruang Lingkup Pemasaran

Untuk mempersiapkan diri menjadi seorang pemasar yang baik seseorang harus memahami apa itu pemasaran, bagimana dia bekerja/beroperasi, apa yang harus dipasarkan, kepada siapa produk dipasarkan, dan bagaimana memasarkannya.


A. Apa Pengertian Dari Pemasaran Itu?

Pemasaran berhubungan dengan mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Dengan demikian marketing bagi perusahaan adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan.

Definisi Pemasaran dari AMA (American Marketing Association) : Pemasaran adalah fungsi organisasional dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan dengan cara-cara yang menguntungkan bagi organisasi dan semua pemangku kepentingan (Stakeholder).

Definisi dari Kotler : Pemasaran adalah proses sosial di mana individu-individu dan kelompok-kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan (needs) dan inginkan (wants) melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran secara bebas dari barang dan jasa yang bernilai dengan pihak lain.

Sedangkan pengertian manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu pengetahuan tentang cara memilih pasar sasaran dan mendapatkan, memelihara hubungan dan meningkatkan jumlah pelanggan melalui proses kreasi, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang superior.

B. Pertukaran dan Transaksi

Di dalam pemasaran seseorang memperoleh apa yang ia iginkan melalui proses pertukaran dan transaksi. Sehingga pertukaran adalah konsep inti dari pemasaran, yang merupakan suatu proses untuk memperoleh produk yang dikehendaki dari pihak lain dengan cara menawarkan sesuatu sebagai gantinya.

Agar pertukaran itu terjadi maka diperlukan:

1. Sedikitnya dua pihak yang terlibat dalam pertukaran.
2. Setiap pihak harus memiliki suatu yang diinginkan pihak lainnya.
3. Kedua pihak memiliki kemampuan berkomunikasi dan menyelesaikan pertukaran.
4. Keduanya bebas untuk menerima atau menolak tawaran dari pihak yang lain.
5. Keduanya harus memiliki keinginan untuk melakukan "deal" dengan pihak lainnya.

Di dalam setiap pertukaran kedua belah pihak mencoba untuk sampai pada suatu persyaratan yang saling disepakati, dan hal itulah yang menciptakan transaksi yaitu pertukaran nilai antara dua pihak atau lebih.

Contoh:
Pembeli dengan Penjual = Pertukaran antarpribadi

Market dan Industri = Pertukaran antara sekelompok peminat produk yang sama pasar dan sekelompok produsen yang menghasilkan produk yang sama (industri)



C. Apa yang Dapat Dipasarkan

Terdapat 10 macam entities yang dapat menjadi objek marketing, yaitu:
1. Barang (goods)                                                
2. Jasa-pelayanan (services)                                 
3. Peristiwa (events)                                            
4. Pengalaman (experiences)                                
5. Orang (person)      
6. Tempat (places)                                          
7. Properti (properties)
8. Organisasi (organizations)
9. Informasi (informations)
10. Ide (ideas)

D. Siapa yang memasarkan   

- Pemasar dan prospek
pemasar adalah seseorang atau lembaga yang mencari tanggapan (respon, attention, order pembelian, pemberian suara, atau donasi) dari pihak yang lain yang disebut prospek. 

Manajer pemasaran berupaya untuk mempengaruhi tingkat permintaan, timing dan komposisi dari permintaan untuk memenuhi tujuan organisasi. 

- Tipe Permintaan:

1. Permintaan yang negatif : permintaan yang terjadi karena adanya sesuatu yang tidak disukai atau dihindari. 

2. permintaan yang noneksisten: permintaan terhadap produk yang sebenarnya kurang disadari, 

3. permintaan latent: permintaan yang cenderung kurang terpenuhi. 

4. permintaan yang menurun: permintaan yang terjadi karena produk mulai sering tidak dibutuhkan menjadi kurang sering dibutuhkan. 

5. permintaan yang tidak teratur: permintaan yang sifatnya musiman. 

6. permintaan penuh: permintaan yang terjadi diakibatkan pembelian dalam jumlah yang memadai. 

7. permintaan yang overfull: permintaan yang terjadi karena terdapat semakin banyaknya konsumennya. 

8. permintaan yang unwholesome: permintaan atas produk uang sebenarnya menarik namun memiliki konsekuensi sosial yang kurang diinginkan.  

E. Pasar (Markets) 

 Dapat diartikan sebagai: 

1. dalam arti fisik: di mana pembeli dan penjual bertemu melakukan pertukaran. 

2. dalam arti ekonomi: sekelompok pembeli dan penjual yang melakukan transaksi atas produk tertentu atau kelas produk tertentu/ 

3. team market: golongan pembeli yang dikelompokkan dengan cara tertentu, misalnya pasar produk (pasar barang, pecah belah, (pasar sanim deterjen), pasar demogragfis (pasar sepatu anak, pasar pakaian wanita), pasar geografis (pasar JKT, pasar nasional).

Pasar juga dapat dikelompokkan menjadi: 
1. Pasar konsumen,
2. pasar bisnis,
3. pasar internasional
4. pasar pemerintah
5. pasar suplier
6. pasar penjual


F. Market Place, Market Species, dan Meta Market
  
Market places pasar dalam arti fisik seperti toko penjual barang eceran. Market species memiliki arti digital (pasar maya) seperti bila seseorang membeli sesuatu lewat internet (online marketing). Meta market menjelaskan sekelompok pasar barang dan jasa yang bersifat komplementer, yang memiliki hubungan dekat satu sama lain di dalam benak konsumen, namun tersebar di berbagai kelompok industri. Contoh meta market automobil terdiri dari pasar mobil pada dealer showroom, service station tempat memelihara dan memperbaiki mobil, pasar suku cadang mobil, mekanik mobil dan sebagainya.

0 komentar

Posting Komentar