Senin, 25 Januari 2016

Tips Cara Mengatur Gaji Bulanan Agar Tidak Boros

Bro Willy - Bekerja penuh dalam sebulan hal yang paling menyenangkan ialah moment pada saat gajian. Karena moment tersebut merupakan hal yang paling dinantikan oleh hampir seluruh karyawan. Bagaimana tidak, kerja keras yang anda lakukan selama sebulan akhirnya terbayarkan oleh pundi-pundi uang untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang kita miliki. Memang, tidak bisa dipungkiri bahwa kita sering terlena saat memegang pundi-pundi uang dari hasil gaji yang telah kita peroleh selama sebulan tersebut.



Kebutuhan hidup yang semakin meningkat untuk membayar seluruh tagihan, menyisihkan uang untuk investasi, memberikan sebagian uang untuk orang tua, membeli kebutuhan sehari-hari, atau menuruti keinginan berbelanja yang tidak bisa ditahan oleh keinginan kita. Dari kebutuhan yang harus kita penuhi tersebut tanpa terasa, gaji sudah habis di tengah bulan dan membuat pikiran kita pusing karena kekurangan uang.

Lalu bagaimana strategi kita agar bisa mengatur gaji bulanan supaya tidak boros? Berikut Browilly akan sampaikan beberapa tips cara mengatur gaji bulanan agar cukup untuk sebulan yang bisa diterapkan segara dalam kehidupan anda.

1. Mengatur Gaji Bulanan Dengan Cara Membuat Perencanaan Anggaran Belanja

Hal yang paling utama yang bisa anda lakukan ialah mencatat seluruh pengeluaran rutin setiap bulannya. Catat juga keperluan di luar kebutuhan pokok anda seperti membeli baju atau makan di luar. Setelah itu, buatlah sebuah perencanaan anggaran belanja pada saat anda menerima gaji. Lalu anda pikirkan uang dari hasil gaji anda untuk bulan ini mau dialokasikan untuk apa saja uang tersebut.

Perencanaan ini nantinya bisa membuat anda menjadi tahu, uang tersebut mau anda gunakan untuk apa saja. Anda juga harus wajib bisa memilah-memilah lagi, keperluan mana saja yang penting dan tidak terlalu penting. Buatlah rencana anggaran belanja yang realistis dengan pola hidup Anda yang sesungguhnya (Sesuaikan dengan kebutuhan yang harus ada dahulukan). Setelah itu, Anda juga perlu membuat catatan pengeluaran harian yang berisikan nama barang atau jasa yang dibeli atau dipakai, jumlahnya, waktu pembelian, nominal transaksi, serta tempat membeli.

2. Mengatur Gaji Bulanan Dengan Cara melunasi Utang dan Cicilan
Apabila Anda memiliki utang maupun cicilan yang harus anda bayar setiap bulannya, lunasilah terlebih dulu setelah menerima gaji (Wajib). Jangan pernah menunda untuk hal yang satu ini. Menunda hanya akan membuat Anda menjadi susah di kemudian hari dan repot dalam menyiapkan anggaran dana untuk melunasi cicilannya.

Selain itu, hal ini juga dapat membantu perhitungan anggaran untuk jangka panjang. kalau bisa saran dari Browilly sebaiknya anda menghindari berutang atau menyicil sesuatu. Anda boleh saja mencicil atau berutang sesuatu barang, tapi lihat dulu kegunaan barang tersebut. Anda juga harus bisa menyesuaikan kebutuhan hutang dengan penghasilan Anda. Sebaiknya Anda berutang maksimal 30% dari pendapatan Anda jangan sampai lebih.

3. Mengatur Gaji Bulanan Dengan Cara Mempunyai Dua Rekening Bank
Supaya bisa semakin mudah mengatur keuangan dalam hal mengelola gaji bulanan Anda, sebaiknya Anda memiliki dua rekening bank sekaligus. Hal ini nantinya rekening pertama dipakai untuk seluruh transaksi, seperti menerima gaji dari kantor, dan membayar seluruh tagihan. Sedangkan rekening kedua digunakan untuk menabung. Sebisa mungkin, sisihkan uang untuk menabung di awal-awal saat menerima gaji. Lebih tepatnya bersamaan dengan membayar utang atau cicilan.

Untuk rekening pertama, Anda bisa memilih bank yang paling sering digunakan oleh kantor-kantor, agar Anda bisa dengan mudah saat melakukan akses menerima uang maupun mentransfer uang. Pilih juga bank yang memiliki banyak ATM maupun fasilitas transfer melalui internet banking karena ini akan memudahkan anda dalam hal bertransaksi.

Sedangkan untuk rekening kedua, Anda juga bisa memilih bank yang menerapkan biaya administrasi rendah serta fasilitas yang minim. Jika perlu, pilih bank yang tidak mempunyai banyak jaringan ATM di daerah sekitar tempat tinggal Anda. Sehingga Anda tidak akan mudah tergiur untuk mengambil uang tersebut. Anda juga bisa memilih bank yang tidak mengeluarkan kartu ATM untuk rekening.

4. Mengatur Gaji Bulanan Dengan Cara Berbelanja Sesuai dengan Kebutuhan
Anda harus terbisa dan bisa mengendalikan atau buang jauh-jauh sifat konsumtif Anda yang tidak ada hentinya itu. Sebaiknya Anda juga tidak membawa uang tunai terlalu banyak saat berbelanja. Hal ini bisa membuat Anda tidak mudah tergoda berbelanja. Dahulukan kepentingan untuk barang barang yang dibutuhkan jangan membeli barang yang sedang tidak anda butuhkan dan teralu banyak membeli barangnya.

5. Mengatur Gaji Bulanan Dengan Cara Ubah Sikap
Kerja keras dan dedikasi Anda di kantor memang pantas dihargai dengan gaji yang semistinya anda terima. Meskipun gaji anda besar, Anda tetap juga harus waspada. Saat gajian, banyak orang cenderung ingin meluapkan lelah dan stres dengan memanjakan diri atau berfoya-foya. Menghabiskan gaji adalah cara balas dendam yang paling tepat. Memang tak ada yang melarang, asal ada tujuan jelas. Segera ubah sikap Anda tesebut. Ikuti kata para ahli keuangan: Tahu cara mengelola uang dengan baik akan membuat hidup lebih nyaman!

Well, itulah seputar informasi mengenai Tips Cara Mengatur Gaji Bulanan Agar Tidak Boros dari Browilly. Semoga tips tersebut bisa bermanfaat buat anda yang membacanya dan bisa anda terapkan dikehidupan anda.

0 komentar

Posting Komentar